Difference between revisions of "OCAC Seniman Mukim di Lifepatch"
Line 13: | Line 13: | ||
=Para Seniman Yang Terlibat= | =Para Seniman Yang Terlibat= | ||
==LO Shih-Tung== | ==LO Shih-Tung== | ||
− | [[File:lo shih tung.jpg|thumb|right| | + | [[File:lo shih tung.jpg|thumb|right|200px| LO Shih-Tung]] |
Praktik LO Shih-Tung sering berfokus pada pola kehidupan sehari-hari, terutama untuk jejak, sisa dan cerita yang berasal dari aktivitas sosial yang terlalu banyak diproduksi di masa sekarang. LO mencari hantu yang masih ada - identitas, rumah, kota asal dan kota di masyarakat saat ini. LO Shih-Tung juga anggota OCAC (Open Contemporary Art Center). Memulai dan berpartisipasi dalam berbagai proyek, seperti ThaiTai - A Measure of Understanding, THAITAI FEVER (2012-2013), serta CO-Temporary: Program Forum dan Pertukaran Asia Tenggara di Asia pada 2016. Dalam beberapa tahun terakhir LO telah berpartisipasi dalam program seni di Myanmar, Malaysia, Indonesia, dan Thailand. | Praktik LO Shih-Tung sering berfokus pada pola kehidupan sehari-hari, terutama untuk jejak, sisa dan cerita yang berasal dari aktivitas sosial yang terlalu banyak diproduksi di masa sekarang. LO mencari hantu yang masih ada - identitas, rumah, kota asal dan kota di masyarakat saat ini. LO Shih-Tung juga anggota OCAC (Open Contemporary Art Center). Memulai dan berpartisipasi dalam berbagai proyek, seperti ThaiTai - A Measure of Understanding, THAITAI FEVER (2012-2013), serta CO-Temporary: Program Forum dan Pertukaran Asia Tenggara di Asia pada 2016. Dalam beberapa tahun terakhir LO telah berpartisipasi dalam program seni di Myanmar, Malaysia, Indonesia, dan Thailand. | ||
==CHEN Szu-Han== | ==CHEN Szu-Han== | ||
− | [[File:vanessa.jpg|thumb|right| | + | [[File:vanessa.jpg|thumb|right|200px| CHEN Szu-Han]] |
CHEN Szu-Han (1981) memperoleh gelar Master of Fine Arts di Central St. Martin College of Art and Design, London. CHEN sangat memperhatikan perspektif kontras dari berbagai budaya, kelas sosial dalam kehidupan kontemporer. CHEN mengeksplorasi penciptaan artistik sebagai jalur berbagi nilai, sekaligus membangun hubungan melalui kolaborasi. Proses kreatifnya sering kali melibatkan partisipasi penonton, dalam skenario yang dibangun dalam konteks kehidupan sehari-hari. Praktik seni meliputi media seperti video, gambar, instalasi dan fotografi. Video CHEN sempat menjadi bagian dari screening program Art Basel 2016. Mengikuti program seniman mukim di ISCP New York, UNITEC Auckland, TAV Taiwan, Lokakarya KHOJ India. CHEN saat ini tinggal dan bekerja di Taipei, Taiwan. | CHEN Szu-Han (1981) memperoleh gelar Master of Fine Arts di Central St. Martin College of Art and Design, London. CHEN sangat memperhatikan perspektif kontras dari berbagai budaya, kelas sosial dalam kehidupan kontemporer. CHEN mengeksplorasi penciptaan artistik sebagai jalur berbagi nilai, sekaligus membangun hubungan melalui kolaborasi. Proses kreatifnya sering kali melibatkan partisipasi penonton, dalam skenario yang dibangun dalam konteks kehidupan sehari-hari. Praktik seni meliputi media seperti video, gambar, instalasi dan fotografi. Video CHEN sempat menjadi bagian dari screening program Art Basel 2016. Mengikuti program seniman mukim di ISCP New York, UNITEC Auckland, TAV Taiwan, Lokakarya KHOJ India. CHEN saat ini tinggal dan bekerja di Taipei, Taiwan. | ||
Line 23: | Line 23: | ||
==WU Sih-Chin== | ==WU Sih-Chin== | ||
− | [[File:archie.jpg|thumb|right| | + | [[File:archie.jpg|thumb|right|200px| WU Sih-Chin]] |
WU Sih-Chin lulus dari Department of Sculpture, National Taiwan University of Arts, dan menerima gelar Master dari National Taipei University of Arts. WU kebanyakan menggunakan patung sebagai media, mengambil sampel dari pengalaman pribadinya. Mengacu pada metode pemodelan, WU membuat patung yang menekankan proses dan narasi. WU mengikuti banyak pameran di dalam dan luar negeri, termasuk Prancis, Italia, dan Jepang. Dari 2013-2014 WU tinggal di Australia selama delapan belas bulan, gaya hidup yang berbeda mengubah karya terbarunya, WU beralih fokus pada situasi manusia, hewan, dan alam. | WU Sih-Chin lulus dari Department of Sculpture, National Taiwan University of Arts, dan menerima gelar Master dari National Taipei University of Arts. WU kebanyakan menggunakan patung sebagai media, mengambil sampel dari pengalaman pribadinya. Mengacu pada metode pemodelan, WU membuat patung yang menekankan proses dan narasi. WU mengikuti banyak pameran di dalam dan luar negeri, termasuk Prancis, Italia, dan Jepang. Dari 2013-2014 WU tinggal di Australia selama delapan belas bulan, gaya hidup yang berbeda mengubah karya terbarunya, WU beralih fokus pada situasi manusia, hewan, dan alam. | ||
Line 29: | Line 29: | ||
==LIU Yu== | ==LIU Yu== | ||
− | [[File:yu.jpg|thumb|right| | + | [[File:yu.jpg|thumb|right|200px| LIU Yu]] |
LIU Yu (1985) bekerja dan tinggal di Taipei. LIU terlibat dalam banyak produksi seni dan kegiatan sosial. Dia sentimental, sensitif, intuitif; serta pemilik frasa pribadi yang sangat akurat seperti generasi muda generasi muda lainnya yang lahir tahun 80an. LIU tumbuh dengan memanjakan sejumlah besar film, semua narasi, naskah, bahasa gambar, plot fiktif telah menjadi pendekatannya terhadap dunia ini. LIU telah mengejar pengalaman irasional, tidak biasa, fantastis dan kebetulan dalam kinerjanya. Beberapa pameran tunggal YU diantaranya “Several Ways to Believe” di Los Angeles, “The ship of fools mooring at the train station” di Taipei. Dia juga termasuk dalam banyak pameran di luar negeri, seperti "Attachment-Detachment" di Hong Kong, "Mille-Feuille de Camélia" di Korea, "NEW DIRECTIONS # 2 TRANS-PLAX" di Tokyo dan "Discomfort's Calling" di Republik Ceko . | LIU Yu (1985) bekerja dan tinggal di Taipei. LIU terlibat dalam banyak produksi seni dan kegiatan sosial. Dia sentimental, sensitif, intuitif; serta pemilik frasa pribadi yang sangat akurat seperti generasi muda generasi muda lainnya yang lahir tahun 80an. LIU tumbuh dengan memanjakan sejumlah besar film, semua narasi, naskah, bahasa gambar, plot fiktif telah menjadi pendekatannya terhadap dunia ini. LIU telah mengejar pengalaman irasional, tidak biasa, fantastis dan kebetulan dalam kinerjanya. Beberapa pameran tunggal YU diantaranya “Several Ways to Believe” di Los Angeles, “The ship of fools mooring at the train station” di Taipei. Dia juga termasuk dalam banyak pameran di luar negeri, seperti "Attachment-Detachment" di Hong Kong, "Mille-Feuille de Camélia" di Korea, "NEW DIRECTIONS # 2 TRANS-PLAX" di Tokyo dan "Discomfort's Calling" di Republik Ceko . | ||
Line 37: | Line 37: | ||
Working Hard adalah kolaborasi duo seniman SHE Wen-Ying dan KUO Po-Yu, praktek mereka sering dipandang sebagai rekayasa arsip yang dibangun. Arsip tersebut ditujukan kepada khalayak dengan jarak pengamatan dari diri mereka sendiri sebagai arsiparis, serta orang luar dengan identitas mereka sendiri. Mengikuti langkah-langkah untuk menghubungkan masa lalu yang rusak dengan kenangan. Mencoba membebaskan definisi solid tersebut melalui praktik artistik mereka. Bentuk dan isi arsip yang dibangun oleh Working Hard sering menghadirkan rasa ''hand-made'' yang dikombinasikan dengan imajinasi, berhubungan dengan persepsi dan temporalitas ruang. Melalui praktik mereka dalam pahatan dan instalasi lokasi yang spesifik, mereka merefleksikan tema arsip, menanggapi pertanyaan di luar instrumentalisasi dan memikirkan ulang transisi dari objek ke dokumen di eranya sendiri, dengan kesulitan yang dihadapi dalam kontemporer. | Working Hard adalah kolaborasi duo seniman SHE Wen-Ying dan KUO Po-Yu, praktek mereka sering dipandang sebagai rekayasa arsip yang dibangun. Arsip tersebut ditujukan kepada khalayak dengan jarak pengamatan dari diri mereka sendiri sebagai arsiparis, serta orang luar dengan identitas mereka sendiri. Mengikuti langkah-langkah untuk menghubungkan masa lalu yang rusak dengan kenangan. Mencoba membebaskan definisi solid tersebut melalui praktik artistik mereka. Bentuk dan isi arsip yang dibangun oleh Working Hard sering menghadirkan rasa ''hand-made'' yang dikombinasikan dengan imajinasi, berhubungan dengan persepsi dan temporalitas ruang. Melalui praktik mereka dalam pahatan dan instalasi lokasi yang spesifik, mereka merefleksikan tema arsip, menanggapi pertanyaan di luar instrumentalisasi dan memikirkan ulang transisi dari objek ke dokumen di eranya sendiri, dengan kesulitan yang dihadapi dalam kontemporer. | ||
− | [[File:she.jpg|thumb|right| | + | [[File:she.jpg|thumb|right|200px| SHE Wen-Ying]] |
'''SHE Wen-Ying''' (1989) meraih gelar MFA di National Taiwan University of Arts pada 2016. SHE telah berkolaborasi dengan Kuo Po-Yu sebagai seniman kolektif Working Hard sejak tahun 2015. SHE baru-baru ini fokus pada kerja lapangan budaya daerah. | '''SHE Wen-Ying''' (1989) meraih gelar MFA di National Taiwan University of Arts pada 2016. SHE telah berkolaborasi dengan Kuo Po-Yu sebagai seniman kolektif Working Hard sejak tahun 2015. SHE baru-baru ini fokus pada kerja lapangan budaya daerah. | ||
− | [[File:boy.jpg|thumb|right| | + | [[File:boy.jpg|thumb|right|200px| KUO Po-Yu]] |
'''KUO Po-Yu''' (1989) dalam praktiknya sering kali membahas arsip yang tidak dapat didekati dengan karakteristiknya yang menyeramkan, menggunakan arsip itu secara ''sculpturally'' dan objek untuk mengembangkan gagasan baru. Dengan mempraktekkan cara arsip untuk membangun realitas alternatif; menerjemahkan objek produksi dan lokasi spesifik arsip. KUO beralih untuk berfokus pada berbagai bentuk esensi arsip, perbedaan umum setelah peningkatan pluralitas. | '''KUO Po-Yu''' (1989) dalam praktiknya sering kali membahas arsip yang tidak dapat didekati dengan karakteristiknya yang menyeramkan, menggunakan arsip itu secara ''sculpturally'' dan objek untuk mengembangkan gagasan baru. Dengan mempraktekkan cara arsip untuk membangun realitas alternatif; menerjemahkan objek produksi dan lokasi spesifik arsip. KUO beralih untuk berfokus pada berbagai bentuk esensi arsip, perbedaan umum setelah peningkatan pluralitas. | ||
Line 46: | Line 46: | ||
==CHEN Chia-Lan== | ==CHEN Chia-Lan== | ||
− | [[File:chia lan.jpg|thumb|right| | + | [[File:chia lan.jpg|thumb|right|200px| CHEN Chia-Lan]] |
CHEN Chia-Lan lulus dari National Normal Universitas Taiwan, Departemen Seni Rupa, jurusan seni lukis dan kaligrafi tradisional Tiongkok. Setelah lulus, CHEN lebih banyak berkecimpung dalam bidang administrasi seni, melihat seni sebagai waktu senggangnya setiap hari. Karya-karyanya sering terinspirasi oleh alam, hubungan intim dengan orang, dan kehidupan di kota. Dia juga pernah menjadi asisten proyek Taipei Art Fair 2015, asisten IT PARK Photography. Sejak 2016 bekerja sebagai manajer OCAC. | CHEN Chia-Lan lulus dari National Normal Universitas Taiwan, Departemen Seni Rupa, jurusan seni lukis dan kaligrafi tradisional Tiongkok. Setelah lulus, CHEN lebih banyak berkecimpung dalam bidang administrasi seni, melihat seni sebagai waktu senggangnya setiap hari. Karya-karyanya sering terinspirasi oleh alam, hubungan intim dengan orang, dan kehidupan di kota. Dia juga pernah menjadi asisten proyek Taipei Art Fair 2015, asisten IT PARK Photography. Sejak 2016 bekerja sebagai manajer OCAC. | ||
==WANG Hsiang-Ping== | ==WANG Hsiang-Ping== | ||
− | [[File:leo.jpg|thumb|right| | + | [[File:leo.jpg|thumb|right|200px| WANG Hsiang-Ping]] |
WANG Hsiang-Ping a.k.a. LEO lulus dari Desain Komunikasi Visual di Jinwen University of Science and Technology. LEO menjadi web designer dan perancang antarmuka mandiri sejak tahun 2000. Dia juga seorang tukang kayu amatir, tembikar, seniman logam dan perancang elektronik DIY. Sejak 2008, LEO juga pendiri dan direktur Y.C.P.C. (Yang Ming Shan Contemporary Party Center) penyihir yang berada di Gunung Yang Ming. | WANG Hsiang-Ping a.k.a. LEO lulus dari Desain Komunikasi Visual di Jinwen University of Science and Technology. LEO menjadi web designer dan perancang antarmuka mandiri sejak tahun 2000. Dia juga seorang tukang kayu amatir, tembikar, seniman logam dan perancang elektronik DIY. Sejak 2008, LEO juga pendiri dan direktur Y.C.P.C. (Yang Ming Shan Contemporary Party Center) penyihir yang berada di Gunung Yang Ming. |
Revision as of 14:00, 14 November 2017
Selama tengah Oktober sampai akhir November terdapat delapan seniman mukim di Lifepatch, mereka berasal dari Taiwan. Kegiatan seniman mukim ini diadakan atas kerja-bersama antara OCAC dan Lifepatch. Open Contemporary Art Center (OCAC) adalah ruang yang dikelola seniman untuk menggambarkan filosofi seni mereka, berdiri 2001 di Banciao (Taiwan). Mereka percaya bahwa seni kontemporer meresap dalam kehidupan kita dengan rentang yang lebih luas dari sebelumnya. Mereka melihat "orang membutuhkan petunjuk signifikan tentang apa itu seni kontemporer? Dengan penuh imajinasi; serta mencoba melakukan bentuk interaksi publik dengan seni kontemporer. Berbagai kegiatan mereka meliputi kurasi, pertukaran interdisipliner, forum seni, studi dan publikasi.
Kurasi
Mereka sebagai seniman merasa paling berkewajiban untuk (atau mampu) mengembangkan teori praktik. Merefleksikan produksi seni dan masyarakat kontemporer, tujuan kuratorial mereka selalu menemukan dan menempatkan perspektif baru masa depan. Dengan proses berpikir yang hati-hati terhadap umpan balik (seni) Taiwan kepada dunia, dalam hal produksi seni, mereka meneliti seni kontemporer di bawah pengaruh globalisasi dalam seni.
Seni/Studio Seniman
Studio seniman kini mungkin merupakan ruang liberal paling terbuka. OCAC berdiri untuk ruang publik dan gabungan seniman, tidak dapat dipisahkan. Mereka berharap bisa melakukan lebih dari sekadar produksi, penyimpanan dan pameran di ruang seni. Berusaha untuk menghasilkan lebih banyak percakapan, pemikiran radikal dan aktivitas gerilya. Melalui praktik para seniman dalam ruang, mereka mengajukan sebuah proposal untuk hidup melawan kapitalisme di masyarakat kontemporer.
Dialog Komunitas
Dengan tren seni yang melibatkan publik, seni kontemporer menjadi vital dan hampir terbuka untuk segala bidang non-seni. OCAC berkomitmen membuka dialog, mencari kemungkinan dan pertukaran baru. Mereka akan terus mempromosikan seni di komunitas yang berbeda, melalui partisipasi aktif seniman dan beragam praktik budaya, membawa kita untuk mengeksplorasi kenyataan pengaruh seni terhadap orang-orang.
Para Seniman Yang Terlibat
LO Shih-Tung
Praktik LO Shih-Tung sering berfokus pada pola kehidupan sehari-hari, terutama untuk jejak, sisa dan cerita yang berasal dari aktivitas sosial yang terlalu banyak diproduksi di masa sekarang. LO mencari hantu yang masih ada - identitas, rumah, kota asal dan kota di masyarakat saat ini. LO Shih-Tung juga anggota OCAC (Open Contemporary Art Center). Memulai dan berpartisipasi dalam berbagai proyek, seperti ThaiTai - A Measure of Understanding, THAITAI FEVER (2012-2013), serta CO-Temporary: Program Forum dan Pertukaran Asia Tenggara di Asia pada 2016. Dalam beberapa tahun terakhir LO telah berpartisipasi dalam program seni di Myanmar, Malaysia, Indonesia, dan Thailand.
CHEN Szu-Han
CHEN Szu-Han (1981) memperoleh gelar Master of Fine Arts di Central St. Martin College of Art and Design, London. CHEN sangat memperhatikan perspektif kontras dari berbagai budaya, kelas sosial dalam kehidupan kontemporer. CHEN mengeksplorasi penciptaan artistik sebagai jalur berbagi nilai, sekaligus membangun hubungan melalui kolaborasi. Proses kreatifnya sering kali melibatkan partisipasi penonton, dalam skenario yang dibangun dalam konteks kehidupan sehari-hari. Praktik seni meliputi media seperti video, gambar, instalasi dan fotografi. Video CHEN sempat menjadi bagian dari screening program Art Basel 2016. Mengikuti program seniman mukim di ISCP New York, UNITEC Auckland, TAV Taiwan, Lokakarya KHOJ India. CHEN saat ini tinggal dan bekerja di Taipei, Taiwan.
lebih jauh tentang CHEN Szu-Han
WU Sih-Chin
WU Sih-Chin lulus dari Department of Sculpture, National Taiwan University of Arts, dan menerima gelar Master dari National Taipei University of Arts. WU kebanyakan menggunakan patung sebagai media, mengambil sampel dari pengalaman pribadinya. Mengacu pada metode pemodelan, WU membuat patung yang menekankan proses dan narasi. WU mengikuti banyak pameran di dalam dan luar negeri, termasuk Prancis, Italia, dan Jepang. Dari 2013-2014 WU tinggal di Australia selama delapan belas bulan, gaya hidup yang berbeda mengubah karya terbarunya, WU beralih fokus pada situasi manusia, hewan, dan alam.
LIU Yu
LIU Yu (1985) bekerja dan tinggal di Taipei. LIU terlibat dalam banyak produksi seni dan kegiatan sosial. Dia sentimental, sensitif, intuitif; serta pemilik frasa pribadi yang sangat akurat seperti generasi muda generasi muda lainnya yang lahir tahun 80an. LIU tumbuh dengan memanjakan sejumlah besar film, semua narasi, naskah, bahasa gambar, plot fiktif telah menjadi pendekatannya terhadap dunia ini. LIU telah mengejar pengalaman irasional, tidak biasa, fantastis dan kebetulan dalam kinerjanya. Beberapa pameran tunggal YU diantaranya “Several Ways to Believe” di Los Angeles, “The ship of fools mooring at the train station” di Taipei. Dia juga termasuk dalam banyak pameran di luar negeri, seperti "Attachment-Detachment" di Hong Kong, "Mille-Feuille de Camélia" di Korea, "NEW DIRECTIONS # 2 TRANS-PLAX" di Tokyo dan "Discomfort's Calling" di Republik Ceko .
Working Hard
Working Hard adalah kolaborasi duo seniman SHE Wen-Ying dan KUO Po-Yu, praktek mereka sering dipandang sebagai rekayasa arsip yang dibangun. Arsip tersebut ditujukan kepada khalayak dengan jarak pengamatan dari diri mereka sendiri sebagai arsiparis, serta orang luar dengan identitas mereka sendiri. Mengikuti langkah-langkah untuk menghubungkan masa lalu yang rusak dengan kenangan. Mencoba membebaskan definisi solid tersebut melalui praktik artistik mereka. Bentuk dan isi arsip yang dibangun oleh Working Hard sering menghadirkan rasa hand-made yang dikombinasikan dengan imajinasi, berhubungan dengan persepsi dan temporalitas ruang. Melalui praktik mereka dalam pahatan dan instalasi lokasi yang spesifik, mereka merefleksikan tema arsip, menanggapi pertanyaan di luar instrumentalisasi dan memikirkan ulang transisi dari objek ke dokumen di eranya sendiri, dengan kesulitan yang dihadapi dalam kontemporer.
SHE Wen-Ying (1989) meraih gelar MFA di National Taiwan University of Arts pada 2016. SHE telah berkolaborasi dengan Kuo Po-Yu sebagai seniman kolektif Working Hard sejak tahun 2015. SHE baru-baru ini fokus pada kerja lapangan budaya daerah.
KUO Po-Yu (1989) dalam praktiknya sering kali membahas arsip yang tidak dapat didekati dengan karakteristiknya yang menyeramkan, menggunakan arsip itu secara sculpturally dan objek untuk mengembangkan gagasan baru. Dengan mempraktekkan cara arsip untuk membangun realitas alternatif; menerjemahkan objek produksi dan lokasi spesifik arsip. KUO beralih untuk berfokus pada berbagai bentuk esensi arsip, perbedaan umum setelah peningkatan pluralitas.
lebih jauh tentang Working Hard
CHEN Chia-Lan
CHEN Chia-Lan lulus dari National Normal Universitas Taiwan, Departemen Seni Rupa, jurusan seni lukis dan kaligrafi tradisional Tiongkok. Setelah lulus, CHEN lebih banyak berkecimpung dalam bidang administrasi seni, melihat seni sebagai waktu senggangnya setiap hari. Karya-karyanya sering terinspirasi oleh alam, hubungan intim dengan orang, dan kehidupan di kota. Dia juga pernah menjadi asisten proyek Taipei Art Fair 2015, asisten IT PARK Photography. Sejak 2016 bekerja sebagai manajer OCAC.
WANG Hsiang-Ping
WANG Hsiang-Ping a.k.a. LEO lulus dari Desain Komunikasi Visual di Jinwen University of Science and Technology. LEO menjadi web designer dan perancang antarmuka mandiri sejak tahun 2000. Dia juga seorang tukang kayu amatir, tembikar, seniman logam dan perancang elektronik DIY. Sejak 2008, LEO juga pendiri dan direktur Y.C.P.C. (Yang Ming Shan Contemporary Party Center) penyihir yang berada di Gunung Yang Ming.